MODEL SISTEM PAKAR PENATALAKSANAAN GIZI BAGI PENDERITA DIABETES MELITUS

Authors

  • KHARISMA ERIZON UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
  • Sri Kusumadewi UII
  • Edi Fitriyanto UII

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v4i2.431

Keywords:

Diabetes mellitus, Nutrition, Expert system

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit kronis yang dapat diderita seumur hidup. DM akan memberikan dampak terhadap kualitas sumber daya manusia dan peningkatan biaya kesehatan yang cukup besar. Akan tetapi, tingkat kesadaran masyarakat akan dampak buruk yang ditimbulkan oleh DM masih rendah dan banyak masyarakat yang tidak menyadari dirinya sedang berada dalam resiko DM, untuk melakukan pencegahan tersebut bisa dilakukan dengan cara memperhatikan kecukupan gizi yang seimbang, sehingga dibutuhkannya penatalaksanann gizi bagi penderita DM untuk mencegah masalah tersebut. Maka dari itu penatalaksanaan gizi ini dapat membantu masyarakat mengetahui kebutuhan gizi sistem tubuhnya secara teratur agar memudahkan pasien dapat sesegera mungkin menjaga pola hidupnya. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Case Base Reasoning (CBR) yaitu  penyelesaian pada kasus terdahulu digunakan untuk solusi pada kasus sekarang.

References

PERKENI, PEDOMAN PENGELOLAAN DM TIPE 2 DEWASA DI INDONESIA. 2019.
[2] F. B. Hu, “Globalization of diabetes: The role of diet, lifestyle, and genes,” Diabetes Care, 2011. .
[3] I. W. E. Satriawibawa and M. R. Saraswati, “Prevalensi komplikasi Akut Dan Kronis Pasien Diabetes Mellitus Tioe II Di Polikrinik Penyakit Dalam RSUP Sanglah,” E-Jurnal Med. Udayana, vol. 3, no. Dm, pp. 11–34, 2014.
[4] L. Effendi, “Sistem Berbasis Kasus Untuk Menentukan Tingkat Resiko Komplikasi Akibat Diabetes Melitus,” vol. 8, no. 1, pp. 1–15, 2014.
[5] Azrimaidaliza, “Asupan Zat Gizi Dan Penyakit Diabetes Mellitus,” JKMA (Jurnal Kesehat. Masy. Andalas) (Andalas J. Public Heal., vol. 6, no. 1, pp. 36–41, 2011.
[6] A. Sunita, Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: gramedia pustaka utama, 2006.
[7] S. Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
[8] A. Adriana, S.A., Indarto, Sistem Penalaran Komputer Berbasis Kasus (Case Based Reasoning - CBR). Yogyakarta: Penerbit Ardana Media, 2008.

Downloads

Published

29-10-2021