ANALISIS POLA PEMBELIAN SOUVENIR DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK OPTIMALISASI PENJUALAN UMKM
DOI:
https://doi.org/10.36595/jire.v8i1.1556Keywords:
data mining, apriori, pola pembelian, rekomendasi produk, UMKMAbstract
Souvenir merupakan barang yang banyak diperjualbelikan sebagai buah tangan yang khas dariobjek wisata. Penjualan souvenir juga menjadi ladang penghasilan warga lokal pengrajin souvenir.karena banyaknya jenis produk souvenir yang diperjualkan terkadang para calon pembeli kebingungan dalam memilih souvenir, maka dari itu menentukan rekomendasi perlu dilakukan.tujuan pada penelitian ini untuk menentukan souvenir yang akan dijadikan rekomendasi bagi para wisatawan menggunakan algoritma apriori. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode data mining yaitu algoritma apriori. Algoritma apriori mampu mengidentifikasi pola-pola yang berguna untuk mendukung keputusan bisnis, seperti dalam penataan produk di toko atau pemberian promosi. Aturan yang dihasilkan yaitu jika membeli bel bambu, maka akan membeli asbak kayu dengan nilai confidence sebesar 60% dan jika membeli gendang maka akan membeli wayang golek dengan nilai confidence sebesar 75%. Dengan hasil yang sudah diketahui maka souvenir rekomendasi dapat ditentukan yaitu bel bambu, asbak kayu, gendang, dan wayang. Dari perolehan analisa pada data transaksi yang menghasilkan pembentukan kombinasi pembelian souvenir secara bersamaan, maka toko souvenir Salim dapat melakukaan pengadaan stok secara seimbang dan dapat memberikan souvenir yang sudah direkomendasikan kepada calon pembeli dan diharapkan juga dapat meningkatkan strategi atau omzet penjualan.
References
Normah, B. Rifai, S. Vambudi, and R. Maulana, “Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 2, pp. 174–180, 2022, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
I. M. D. P. Asana, I. G. I. Sudipa, A. A. T. W. Mayun, N. P. S. Meinarni, and D. V. Waas, “Aplikasi Data Mining Asosiasi Barang Menggunakan Algoritma Apriori-TID,” INFORMAL Informatics J., vol. 7, no. 1, p. 38, 2022, doi: 10.19184/isj.v7i1.30901.
K. Nisa, “Penerapan Data Mining Terhadap Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Tek. Inform. UNIKA St. Thomas, vol. 06, pp. 306–315, 2021, doi: 10.54367/jtiust.v6i2.1454.
I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 671, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1566.
A. Triayudi and A. Iskandar, “Penerapan Data Mining Dalam Penentuan Proritas Pemesanan Produk Berdasarkan dengan Data Penjualan Barang Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 4, no. 1, pp. 25–30, 2022, doi: 10.47065/josyc.v4i1.2523.
R. Rosmini, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Implementasi Metode K-Means Dalam Pemetaan Kelompok Mahasiswa Melalui Data Aktivitas Kuliah,” It J. Res. Dev., vol. 3, no. 1, pp. 22–31, 2018, doi: 10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1773.
S. Saefudin and D. Fernando, “Penerapan Data Mining Rekomendasi Buku Menggunakan Algoritma Apriori,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, p. 50, 2020, doi: 10.30656/jsii.v7i1.1899.
R. Mahmud and A. Hartanto, “Penerapan Data Mining Rekomendasi Laptop Menggunakan Algoritma Apriori,” Juisi, vol. 06, no. 02, 2020.
C. S. Fatoni, E. Utami, and F. W. Wibowo, “Sistem Rekomendasi Produk Online Store Menggunakan Metode Apriori,” J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta, vol. 4, no. 2, pp. 20–27, 2018.
M. U. Albab and D. Hidayatullah, “Penerapan Algoritma Apriori pada Sistem Informasi Inventori Toko,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 3, p. 1321, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4160.
A. H. Wilarto and P. F. L. S, “Algoritma Apriori Pada Pt . Telkom Indonesia,” vol. 16, pp. 340–353, 2022.
N. F. Matondang and H. Jaya, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Penjualan Barang Elektronik,” vol. 21, no. 2, pp. 102–114, 2022.
J. Aritonang and S. P. Saragih, “Implementasi Data Mining pada Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori di PT. Selatan Indobatam Mandiri,” Comasie, vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.
R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.41.
E. - and S. P. Tamba, “Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Menentukan Stok Bahan Baku Pada Restoran Nelayan Menggunakan Metode Association Rule,” J. Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima(JUSIKOM PRIMA), vol. 5, no. 2, pp. 97–102, 2022, doi: 10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v5i2.2407.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.