PERANCANGAN UI/UX APLIKASI DAUR ULANG SAMPAH MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.36595/jire.v8i1.1522Keywords:
ui/ux, design thinking, PrototypingAbstract
Permasalahan sampah di perkotaan yang semakin meningkat memerlukan solusi inovatif, salah satunya melalui daur ulang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX aplikasi daur ulang sampah menggunakan metode Design Thinking, yang terdiri dari lima tahap: empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian. Penelitian ini menitikberatkan pada peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan dukungan dari pemerintah dan sektor swasta. Aplikasi yang dirancang menyediakan berbagai fitur utama seperti informasi lokasi pusat daur ulang, panduan proses daur ulang, dan jadwal pengambilan sampah. Hasil pengujian prototipe menggunakan System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor sebesar 67, yang menempatkan aspek usability aplikasi pada peringkat C dengan sifat "OK". Hasil ini menunjukkan bahwa rancangan UI/UX yang dibuat memiliki kualitas antarmuka yang mudah diakses dan ramah pengguna. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Design Thinking dalam perancangan UI/UX aplikasi daur ulang dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam program daur ulang dan memberikan informasi yang mudah diakses. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah responden dalam pengujian dan variasi profil pengguna, sehingga diperlukan penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas untuk validasi lebih lanjut.
References
A. Ryza Aqilla, “Daur Ulang Sampah:Solusi Berkelanjutan untuk Mengurangi Polusi dan Memelihara Lingkungan,” Juni, vol. 2, no. 6, pp. 433–436, 2024.
T. O. Ristya, “Penyuluhan Pengelolaan Sampah Dengan Konsep 3R Dalam Mengurangi Limbah Rumah Tangga,” Cakrawala J. Manaj. Pendidik. Islam dan Stud. Sos., vol. 4, no. 2, pp. 30–41, 2020.
J. Jurnal, I. Mea, S. Kasus, K. Lpdp, and I. P. B. Kabinet, “PERENCANAAN APLIKASI PENGEMBANGAN DIRI JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ),” vol. 8, no. 2, 2024.
Hawari Hisyam, Musnansyah Ahmad, and Al Anshary Faishal Mufied, “Perancangan Ulang UI/UX Website Pengolahan Sampah Menggunakan Metode Design Thinking (Startup XYZ) ,” Jatisi, vol. 10, no. 1, pp. 432–446, 2023.
A. Oktavio, A. T. L. Indrianto, and L. Padmawidjaja, “Model Pembelajaran Design Thinking Untuk Pengembangan Desa Wisata: Studi Kasus Desa Peniwen,” J. Ilm. Manaj. Bisnis Dan Inov. Univ. Sam Ratulangi, vol. 9, no. 3, pp. 1324–1334, 2022.
A. Kuncorojati, M. E. Purbaya, and J. A. Sugito, “Design Aplikasi Chicku Menggunakan Metode Design Thinking Sebagai Platform Jual Beli Ayam Broiler Chicku Application Design Using the Design Thinking Method as a Platform for Buying and Selling Broiler Chickens,” pp. 1–19, 2024.
M. J. Narizki, R. A. Widyanto, and N. A. Prabowo, “Perancangan UI/UX Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Perangkat Mobile dengan Metode Design Thinking,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1127–1135, 2023.
Ratna Nur Fadilah and Dhian Sweetania, “Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Ilm. Tek., vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023.
Andri Febriansyah and M. Rudy Sanjaya, “Pengembangan Website Ruang Baca Fasilkom Universitas Sriwijaya Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 6, no. 1, pp. 79–87, 2023.
I. Engineering et al., “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Ogan Lopian Diskominfo,” vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.
Muhammad Fiqri Widiyantoro, Taufik Ridwan, N. Heryana, A. Voutama, and Siska, “Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Fasilkom, vol. 13, no. 02, pp. 121–131, 2023.
N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, and M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, 2023.
O. D. Alao, E. A. Priscilla, R. C. Amanze, S. O. Kuyoro, and A. O. Adebayo, “User-Centered/User Experience Uc/Ux Design Thinking Approach for Designing a University Information Management System,” Ing. des Syst. d’Information, vol. 27, no. 4, pp. 577–590, 2022.
H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, and D. H. Bangkalang, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 111–125, 2022.
M. Nabil, N. Ramadhan, N. Cahyo Wibowo, and E. D. Wahyuni, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pembuatan UI/UX Aplikasi Marketplace Ikan Hias,” J. Tek. Inform. dan Terap., no. 2, 2024.
Y. D. Safitri and A. Sucipto, “Perancangan User Interface (Ui) Dan User Eperince (Ux) Sistem Pengaduan Pencemaran Lingkungan,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 26–32, 2022.
M. Metode, P. Low, and H. Fidelity, “pet shop yaitu kurang efektifnya proses transaksi dikarenakan terhalang oleh jarak, waktu dan tenaga. Begitu pula terdapat kendala bagi admin dalam mengelola pesanan dengan cara manual dan juga rawannya kerusakan serta kehilangan dokumen pesanan barang ke,” vol. 9, no. 1, pp. 26–31, 2023.
F. Herawati and B. Suranto, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” JIRE (Jurnal Inform. Rekayasa Elektron., vol. 6, no. 2, pp. 220–227, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.