PENGELOMPOKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SD MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS
DOI:
https://doi.org/10.36595/jire.v8i1.1358Keywords:
algoritma k-means, pengelompokan data, indeks prestasi akademik, nilai raporAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan prestasi akademik siswa di SDN Lebakwangi menggunakan algoritma K-Means. Algoritma K-Means adalah metode pengelompokan dalam data mining untuk mengelompokkan data berdasarkan kesamaan karakteristik antara data satu dengan data lainnya. Dalam penelitian ini, data yang digunakan berupa nilai rapor akademik siswa kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 semester genap tahun 2024 sebanyak 171 data siswa, yang mencakup berbagai mata pelajaran yang digunakan sebagai atributnya, dengan menggunakan metode Knowledge Discovery in Database (KDD). Penelitian ini dapat mengidentifikasi pola pengelompokan siswa berdasarkan nilai akademik mereka yang lebih akurat dan efisien. Hasil evaluasi menggunakan algoritma k-means dan indeks evaluasi DBI menunjukkan bahwa nilai DBI terendah terdapat pada percobaan k=2, dengan nilai DBI 0.738. Pada percobaan tersebut, terbentuk 2 cluster, yaitu cluster_0 terdiri dari 141 siswa dengan kategori “baik” dan nilai rata rata 76.242, sedangkan pada cluster_1 terdiri dari 27 siswa dengan kategori “sangat baik” dan nilai rata-rata 85.181. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi guru untuk merancang cara pembelajaran yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan akademik masing-masing kelompok siswa.
References
N. D. Rahayu, A. H. Anshor, and I. Afriantoro, “Penerapan Data Mining untuk Pemetaan Siswa Berprestasi menggunakan Metode Clustering K-Means,” JUKI J. Komput. dan Inform., vol. 6, no. 1, pp. 71–83, 2024, doi: 10.53842/juki.v6i1.474.
E. A. Saputra and Y. Nataliani, “Analisis Pengelompokan Data Nilai Siswa untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Clustering K-Means,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 3, pp. 424–439, 2021, doi: 10.51519/journalisi.v3i3.164.
S. Haviyola, S. Susilawati, and M. Jajuli, “Pengelompokan Prestasi Siswa Guna Kualifikasi Beasiswa Berdasarkan Data Nilai Menggunakan Algoritma K-Means,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 4, pp. 2786–2791, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i4.7200.
S. N. Br Sembiring, H. Winata, and S. Kusnasari, “Pengelompokan Prestasi Siswa Menggunakan Algoritma K-Means,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 1, no. 1, pp. 31–40, 2022, doi: 10.53513/jursi.v1i1.4784.
J. Hutagalung, “Pemetaan Siswa Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 9, no. 1. pp. 606–620, 2022. doi: 10.35957/jatisi.v9i1.1516.
S. Suraya, M. Sholeh, and D. Andayati, “Penerapan Metode Clustering Dengan Algoritma K-Means Pada Pengelompokan Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa,” Skanika Sist. Komput. dan Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 51–60, 2023, doi: 10.36080/skanika.v6i1.2982.
M. B. Abdul Majid, Y. M. Cani, and U. Enri, “Penerapan Algoritma K-Means dan Decision Tree Dalam Analisis Prestasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, pp. 355–364, 2022, doi: 10.30865/json.v4i2.5299.
A. Christian, R. Supriyadi, F. Ariani, and Amir, “IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PADA TOKO UMBAH SEPATU,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 6, no. 2, pp. 162–169, 2023, doi: 10.36595/jire.v6i2.840.
N. Butarbutar, A. P. Windarto, D. Hartama, and S. Solikhun, “Komparasi Kinerja Algoritma Fuzzy C-Means Dan K-Means Dalam Pengelompokan Data Siswa Berdasarkan Prestasi Nilai Akademik Siswa,” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 1, p. 46, 2017, doi: 10.30645/jurasik.v1i1.8.
A. Sulistiyawati and E. Supriyanto, “Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, pp. 25–36, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i2.1162.
F. P. Dewi, P. S. Aryni, and Y. Umaidah, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering Seleksi Siswa Berprestasi Berdasarkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 7, no. 2, pp. 111–121, 2022, doi: 10.14421/jiska.2022.7.2.111-121.
J. R. S. Penda Sudarto Hasugian, “Penerapan Data Mining Untuk Pengelompokan Siswa Berdasarkan Nilai Akademik dengan Algoritma K-Means,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 3, pp. 262–268, 2022, [Online]. Available: https://djournals.com/klik
D. K. Yestiani and N. Zahwa, “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar,” Fondatia, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020, doi: 10.36088/fondatia.v4i1.515.
M. L. Sibuea and A. Safta, “Pemetaan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode K-Means Clustring,” Jurteksi, vol. 4, no. 1, pp. 85–92, 2017, doi: 10.33330/jurteksi.v4i1.28.
N. Nurahman, A. Purwanto, and S. Mulyanto, “Klasterisasi Sekolah Menggunakan Algoritma K-Means berdasarkan Fasilitas, Pendidik, dan Tenaga Pendidik,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 21, no. 2, pp. 337–350, 2022, doi: 10.30812/matrik.v21i2.1411.
B. Putra Aryadi and N. Hendrastuty, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Melakukan Klasterisasi Pada Varietas Padi,” JIRE (Jurnal Inform. Rekayasa Elektron., vol. 7, no. 1, pp. 124–131, 2024, [Online]. Available: http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jireISSN.2620-6900
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.