DESIGNING EDUCATIONAL GAME TO INCREASE MATHEMATICAL KNOWLEDGE

Authors

  • Joshua Putra Universitas Bunda Mulia
  • Johanes Fernandes Andry Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v6i2.878

Keywords:

Mathematics, Knowledge, GDLC, Multiplication, Game

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit bagi banyak siswa, terutama ketika membahas perkalian. Hal ini dapat membuat siswa tidak menyukai mata pelajaran tersebut dan menghindarinya. Untuk membuat matematika lebih menarik dan interaktif, sebuah permainan pendidikan dikembangkan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang perkalian. Permainan ini dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC), yang merupakan proses enam fase yang memastikan pengembangan permainan dilakukan secara sistematis. Sebuah permainan pendidikan diuji coba beta dengan 30 siswa sekolah dasar kelas dua. Setelah memainkan permainan tersebut, 93,33% siswa memperoleh pengetahuan tentang perkalian. Hal ini menunjukkan bahwa permainan tersebut adalah cara yang efektif untuk mengajarkan perkalian kepada siswa sekolah dasar di Indonesia

Author Biography

Joshua Putra, Universitas Bunda Mulia

Information System

References

E. K. Yuda, “Sifat-Sifat Operasi Hitung Perkalian Bilangan Bulat Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar,” Semin. Nas. Pendidik. Dasar, Vol. 5, No. 1, Pp. 294–301, 2020.

P. S. Dewi And H. W. Septa, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah,” Mathema J., Vol. 1, No. 1, Pp. 31–39, 2019, [Online]. Available: Https://Ejurnal.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmathema/Article/View/352.

S. N. Afifah And A. B. Kusuma, “Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Daring Matematika,” J. Mathedu (Mathematic Educ. Journal), Vol. 4, No. 2, Pp. 313–320, 2021, Doi: 10.37081/Mathedu.V4i2.2642.

Y. P. Utami And D. A. D. Cahyono, “Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring,” J. Ilm. Mat. Realis., Vol. 1, No. 1, Pp. 20–26, 2020, Doi: 10.33365/Ji-Mr.V1i1.252.

N. Yulianty, “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, Vol. 4, No. 1, Pp. 60–65, 2019, Doi: 10.33449/Jpmr.V4i1.7530.

Y. Y. Setiawan, M. M. I. B. Bsy, And N. L. Fajriyah, “Metode Maternal Reflektif Dan Media Visual Sebagai Alternatif Pembelajaran Salat Pada Siswa Tunarungu,” J. Pendidik. Islam, Vol. 5, No. 2, 2020.

M. Mustofa, S. Sidiq, And E. Rahmawati, “Penerapan Finite State Machine Untuk Pengendalian Animasi Pada Video Game Rpg Nusantara Legacy,” J. Sist. Komput. Musirawas, Vol. 3, No. 1, 2018, Doi: 10.32767/Jusikom.V3i1.251.

M. Adam And I. F. Anshori, “Perancangan Game Puzzle Platformer Ploop Menggunakan Model Game Development Life Cycle,” Vol. 6, No. 1, Pp. 34–48, 2023.

R. A. Krisdiawan, “Implementasi Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle,” Nuansa Inform., Vol. 12, No. 2, Pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: Https://Journal.Uniku.Ac.Id/Index.Php/Ilkom/Article/View/1634/1211.

S. A. Fauzan, S. R. Pradana, M. Hikal, M. B. Ashfiya, Y. I. Kurniawan, And B. Wijayanto, “Implementasi Game Development Life Cycle Model Pengembangan Arnold Hendrick’s Dalam Pembuatan Game Puzzle-Rpg Enigma’s Dungeon,” J. Ilmu Komput. Dan Inform., Vol. 2, No. 2, Pp. 113–126, 2022, Doi: 10.54082/Jiki.26.

K. Permatasari, Y. Setiawan, P. Guru, S. Dasar, U. Kristen, And S. Wacana,“Meningkatkan Minat Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 Sd Melalui Pengembangan Game The Rotation,” J. Pendidik. Tambusai, Vol. 4, No. 2, 2020.

M. F. Rivaldi And Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Pengenalan Dan Pembelajaran Berhitung Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar,” J. Manaj. Inform., Vol. 11, No. 1, 2021, Doi: 10.34010/Jamika.V11i1.4354.

Y. Mayasari, M. Mustika, And A. Sutanti, “Rancangan Bangun Game Edukasi Tebak Gambar Bagi Siswa Smplb Insan Madani Metro,” J. Mhs. Sist. Inf., Vol. 2, No. 1, 2021, Doi: 10.24127/Jmsi.V2i1.525.

R. Andriyat Krisdiawan And Darsanto, “Penerapan Model Pengembangan Gamegdlc (Game Development Life Cycle )Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile,” Teknokom, Vol. 2, No. 1, Pp. 31–40, 2019, Doi: 10.31943/Teknokom.V2i1.33.

S. Wahyu, “Penerapan Metode Game Development Life Cycle Pada Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Budi Pekerti,” Skanika, Vol. 5, No. 1, 2022, Doi: 10.36080/Skanika.V5i1.2904.

Bagus Fikri Ananda And A. Chusyairi, “Perancangan Game Virus Survivor Untuk Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Game Development Life Cycle,” Jtim J. Teknol. Inf. Dan Multimed., Vol. 1, No. 2, 2019, Doi: 10.35746/Jtim.V1i2.20.

M. Pratama, Y. Yanfi, And P. D. Nusantara, “Wizardofmath: A Top-Down Puzzle Game With Rpg Elements To Hone The Player’s Arithmetic Skills,” Procedia Comput. Sci., Vol. 216, 2023, Doi: 10.1016/J.Procs.2022.12.144.

S. N. Huda And M. F. Ramadhan, “Designing Educational Game To Increase Environmental Awareness,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., Vol. 16, No. 15, Pp. 181–193, 2021, Doi: 10.3991/Ijet.V16i15.22661.

R. A. Krisdiawan, M. F. Rohmana, And A. Permana, “Pembuatan Game Runaway From Culik Dengan Algoritma Fuzzy Mamdani,” Buffer Inform., Vol. 6, No. 1, 2020.

Additional Files

Published

27-06-2023

How to Cite

Putra, J., & Johanes Fernandes Andry. (2023). DESIGNING EDUCATIONAL GAME TO INCREASE MATHEMATICAL KNOWLEDGE. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 6(2), 190–196. https://doi.org/10.36595/misi.v6i2.878