KLASIFIKASI SENTIMEN PELANGGAN RESTORAN KOKI SUNDA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES
DOI:
https://doi.org/10.36595/misi.v8i2.1643Keywords:
Sentimen Pelanggan, Naive Bayes, TF-IDF, Restoran Koki sunda, Klasifikasi TeksAbstract
Koki Sunda adalah bisnis kuliner yang telah menerima banyak ulasan pelanggan secara online. Ulasan-ulasan ini mencerminkan pengalaman konsumen; namun, tidak ada sistem otomatis untuk menganalisis opini-opini ini secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan sentimen pelanggan terhadap makanan di Restoran Koki Sunda dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes. Data diperoleh melalui teknik web scraping dari platform ulasan online, serta melalui survei langsung. Proses pra-pemrosesan meliputi pembersihan teks, normalisasi, penghilangan stopwords, stemming, dan tokenisasi. Fitur diekstraksi menggunakan metode TF-IDF, dan data dibagi menjadi data latih (80%) dan data uji (20%). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model Multinomial Naïve Bayes memiliki kinerja yang baik, mencapai akurasi 88,33%, presisi 87,10%, recall 90,00%, dan F1-score 88,54%. Temuan ini menunjukkan bahwa algoritma ini efektif untuk mengidentifikasi opini pelanggan secara otomatis. Sistem klasifikasi yang dikembangkan memiliki potensi untuk membantu manajer restoran lebih memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan berdasarkan data ulasan langsung.
References
N. Nurzaman, N. Suarna, and W. Prihartono, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Threads Di Google Playstore Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 967–974, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i1.8708.
D. R. Firmansyah and E. Lestariningsih, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Smart Campus Unisbank di Google Playstore Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 8, no. 2, pp. 498–507, 2024, doi: 10.35870/jtik.v8i2.1882.
V. Fazrian, T. Suprapti, and R. Narasati, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Aplikasi Game Multiplayer Online Battle Arena,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1005–1012, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i1.8432.
S. A. Prasetyo and W. T. Atmojo, “Analisis Sentimen Terhadap Penggunaan Aplikasi Astro Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 4, p. 2149, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i4.6750.
M. Yusuf Rismanda Gaja, I. Maulana, and O. Komarudin, “Analisis Sentimen Opini Pengguna Aplikasi Vidio Pada Ulasan Playstore Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 4, pp. 2767–2774, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i4.7197.
F. Tri Sanudin, B. Irawan, and A. Bahtiar, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Sapawarga Di Playstore Menggunkan Algoritma Naïve Bayes,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 170–175, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i1.8300.
A. Nurian, M. S. Ma’arif, I. N. Amalia, and C. Rozikin, “Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Shopee Pada Situs Google Play Menggunakan Naive Bayes Classifier,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3631.
S. Sisnawati, R. Astuti, and F. Muhamad basysyar, “ANALISIS SENTIMEN PADA APLIKASI KFCKU Di GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 3010–3016, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.8382.
T. Arifqi, N. Suarna, and W. Prihartono, “Penggunaan Naive Bayes Dalam Menganalisis Sentimen Ulasan Aplikasi Mcdonald’S Di Indonesia,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 1949–1956, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i2.8740.
Erlin elisa, Y. Mardiansyah, and R. Fauzi, “Pola Pembelian Konsumen Terhadap Product Umkm Martista Ikhsan Dengan Algoritma Naive Bayes,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 159–167, 2022, doi: 10.36595/misi.v5i2.661.
N. M. A. Mahar, Vihi Atina, and Nugroho Arif Sudibyo, “Pemodelan Prediksi Kelulusan Mahasiswa Dengan Metode Naïve Bayes Di Uniba,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 148–158, 2023, doi: 10.36595/misi.v6i2.875.
S. D. S. Kurniawan and A. Fauzy, “Penggunaan Naïve Bayes Classifier dalam Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi McDonald’s: Perspektif Pengguna di Indonesia,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 8, no. 3, p. 1545, 2024, doi: 10.30865/mib.v8i3.7765.
Ernianti Hasibuan and Elmo Allistair Heriyanto, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Amazon Shopping Di Google Play Store Menggunakan Naive Bayes Classifier,” J. Tek. dan Sci., vol. 1, no. 3, pp. 13–24, 2022, doi: 10.56127/jts.v1i3.434.
D. R. Fathwa Daud, B. Irawan, and A. Bahtiar, “Penerapan Metode Naive Bayes Pada Analisis Sentimen Aplikasi Mcdonalds Di Google Play Store,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 759–766, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i1.8784.
Permana A, Taufiq R, and Wijaya M, “Implementasi Algoritma Naïve Bayes Terhadap Review Aplikasi KFCKU,” J. Tek., vol. Vol. 12 No. 02, no. 02, pp. 128–137, 2023.
M. R. A. F. Zain and M. Kamayani, “Analisis Sentimen Ulasan Pelanggan Online Ubi Madu Cilembu Abah Nana Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 5, no. 1, p. 11, 2023, doi: 10.30865/json.v5i1.6646.
W. O. Astri Ahmad and S. Supangat, “Sentimen Analisis Menggunakan Naïve Bayes Untuk Rekomendasi Restoran Wakatobi,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 4, pp. 7704–7711, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i4.10432.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.