EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA DAN IDENTIFIKASI DIMENSI PRIORITAS PADA APLIKASI HR SIDAWAI DENGAN KERANGKA EUCS

Authors

  • Kiki Haerani STMIK Lombok
  • Muhamad Rodi STMIK Lombok
  • Muhammad Fauzi Zulkarnaen STMIK Lombok
  • Mardi

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v8i1.1429

Keywords:

Kepuasan Pengguna, Aplikasi SIDAWAI, Kerangka EUCS, Manajemen Sumber Daya Manusia, Desain Antarmuka, Kinerja Sistem

Abstract

Aplikasi SIDAWAI bertujuan untuk meningkatkan manajemen sumber daya manusia melalui solusi digital. Penelitian ini mengevaluasi kepuasan pengguna menggunakan kerangka End-User Computing Satisfaction (EUCS), dengan fokus pada lima dimensi: konten, format, keakuratan, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan, dengan data dikumpulkan melalui survei dari 30 pengguna aktif. Analisis data melibatkan perhitungan skor rata-rata untuk setiap dimensi, yang dilengkapi dengan kategorisasi berdasarkan tingkat kepuasan. Hasil menunjukkan bahwa pengguna sangat puas pada dimensi kemudahan penggunaan (4,30), ketepatan waktu (4,27), dan keakuratan konten (4,20). Namun, dimensi format memperoleh skor terendah (3,50), yang mengindikasikan masalah signifikan pada desain visual dan kejelasan antarmuka. Temuan ini menekankan perlunya perancangan ulang antarmuka dan optimalisasi konten untuk lebih selaras dengan ekspektasi pengguna. Selain itu, peningkatan infrastruktur sistem dapat mengatasi masalah responsivitas selama penggunaan puncak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., vol. 12, no. 2, pp. 259–274, 1988, doi: 10.2307/248851.

Purwanto and P. B. Deden Hedin, “Measurement of user satisfaction for web-base academic information system using end-user computing satisfaction method,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2020, vol. 909, no. 1, doi: 10.1088/1757-899X/909/1/012044.

K. Haerani, K. Imtihan, and W. Murniati, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sidawai Menggunakan End User Computing Statisfaction (EUCS) DAn Importance Performance Analysis (IPA),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 4, pp. 845–854, 2024, doi: 10.25126/jtiik.1148906.

A. U. Hasanah, B. Waspodo, and E. Rahajeng, “Analysis of MyPertamina Application User Satisfaction Using End User Computing Satisfaction Method,” 2023.

A. Padalia and T. Natsir, “End-User Computing Satisfaction (EUCS) Model: Implementation of Learning Management System (LMS) on Students Satisfaction at Universities,” Int. J. Environ. Eng. Educ., vol. 4, no. 3, pp. 100–107, 2022, doi: 10.55151/ijeedu.v4i3.72.

R. A. Azdy and H. K. Putra, “Analysis of the Level of Satisfaction of Darwinbox Application Users at PT Nippon Indosari Corpindo Tbk Using the End User Computing Satisfaction (EUCS) Method,” Int. J. Multidiscip. Sci. Arts, vol. 2, no. 1, pp. 13–20, 2023, doi: 10.47709/ijmdsa.v2i1.2371.

T. Santoso, S. Sw, F. F. Muhammad, and N. H. Muhammad, “Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Mrt-J Menggunakan Metode Eucs,” J. Manaj. Inform. Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 174–185, 2024.

A. Yudistira and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) User Satisfaction Analysis of Digital Archive Applications Using Model End User Computing Satisfaction (EUCS),” Jtsi, vol. 3, no. 2, pp. 176–188, 2022.

A. K. Ameen, I. Y. Maolood, and D. A. Abdullah, “INNOVATIVE APPROACHES TO ENHANCING USER SATISFACTION IN HIGHER EDUCATION INFORMATION SYSTEMS,” Sci. J. Univ. Zakho, vol. 12, no. 3, pp. 337–340, 2024, doi: 10.25271/sjuoz.2024.12.3.1323.

S. Nawangsari, R. K. Harahap, N. Herlina, and E. Ekowati, “Testing and Analysis User Satisfaction of Salute Bidan Application Using End-User Computing Satisfaction,” J. Syst. Manag. Sci., vol. 13, no. 5, pp. 457–469, 2023, doi: 10.33168/JSMS.2023.0529.

G. Indrawan et al., “Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Undiksha Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) Analysis of Undiksha E-Learning User Satisfaction Using the End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method,” J. Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 8, no. 2, pp. 529–541, 2023.

K. Imtihan, “The Impact of Visual Quality and User Interface Responsiveness on Student Satisfaction in Academic Information Systems (AIS),” Pakistan J. Life Soc. Sci., vol. 22, no. 2, 2024, doi: 10.57239/PJLSS-2024-22.2.001455.

N. Rahmi, R. Indrapraja, I. Buamonabot, I. Henri Kusnadi, and K. Kraugusteeliana, “Measurement of End User Satisfaction Using EUCS Method on Fundraising Administration System of One of Philantrophic Institutions in Indonesia,” J. Sistim Inf. dan Teknol., pp. 31–35, 2023, doi: 10.60083/jsisfotek.v5i3.279.

W. T. Prastio, Farikhin, and A. Sugiharto, “Comparative Analysis of User Satisfaction of End User Computing Satisfaction, DeLone & McLean and Webqual 4.0 Methods,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 10, no. 9, pp. 6826–6834, 2024, doi: 10.29303/jppipa.v10i9.8484.

J. Etezadi-Amoli and A. F. Farhoomand, “A structural model of end user computing satisfaction and user performance,” 1996.

Downloads

Additional Files

Published

16-01-2025

How to Cite

Kiki Haerani, Muhamad Rodi, Muhammad Fauzi Zulkarnaen, & Mardi. (2025). EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA DAN IDENTIFIKASI DIMENSI PRIORITAS PADA APLIKASI HR SIDAWAI DENGAN KERANGKA EUCS. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 102–109. https://doi.org/10.36595/misi.v8i1.1429