ANALISA SERVICE OPERATION TERHADAP APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN ITIL V3

Authors

  • Jafa Rahmansyah Program Studi Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Alvina Ardhani Program Studi Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Rochmah Septiana
  • Mujib Ridwan

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v8i2.1383

Keywords:

ITIL V3, Service Operation, Tingkat Kematangan, Analisis Kesenjangan, Rekomendasi Perbaikan, Gojek

Abstract

Studi ini bertujuan menganalisis manajemen layanan TI dalam aplikasi Gojek menggunakan kerangka kerja ITIL V3, dengan fokus pada domain operasi layanan. Berdasarkan evaluasi, tingkat kedewasaan (maturity level) dari proses Pengelolaan Acara, Pengelolaan Insiden, Pemenuhan Permohonan, Pengelolaan Masalah, dan Manajemen Akses berada pada Tingkat 4 (Terkelola dan Terukur). Namun, gap analysis menunjukkan kesenjangan pada setiap subdomain, dengan gap tertinggi pada Event Management (0,91) dan terendah pada Access Management (0,67). Untuk mengatasi kesenjangan ini, penelitian merekomendasikan langkah-langkah strategis, seperti meningkatkan monitoring real-time hingga 30%, otomatisasi proses untuk efisiensi hingga 25%, analisis akar masalah untuk meminimalkan insiden berulang, dan penguatan keamanan akses melalui autentikasi dua faktor. Implementasi langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan hingga 20%, mengoptimalkan kinerja operasional, dan memperkuat daya saing Gojek di pasar digital.

References

N. Hasan Assobarry, F. Nanda Sabila, and S. Mukaromah, “Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Itil V3 Domain Service Operation Pada Hotel Xyz Sidoarjo Analysis of Information Technology Services Management Using Itil V3 Domain Service Operation At Xyz H Otel Sidoarjo,” J. Sist. Inf. Dan Bisnis Cerdas, vol. 15, no. 2, pp. 28–34, 2022.

ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA, “No,” vol. 9, no. 1, pp. 356–363, 2022.

E. S. Negara and W. Nugraha, “Analisis Layanan Ti Pada Domain Service Operation Dengan Menggunakan Framework Itil V3,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 6, no. 2, pp. 123–136, 2021.

Celvine Adi Putra and Tata Sutabri, “Analisis IT Service Management (ITSM) Layanan GoFood Menggunakan Framework ITIL V3,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya Lubuklinggau, vol. 5, no. 1, pp. 47–53, 2023, doi: 10.52303/jb.v5i1.96.

H. Herianto and W. Wasilah, “Asesment Capability Level dan Maturity Level Tata Kelola TI Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung Menggunakan Framework COBIT 2019,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 229–240, 2022, doi: 10.24002/konstelasi.v2i2.5553.

Q. Al Qorni and T. Sutabri, “Analisis Manajemen Pelayanan Da’i Pemkot Palembang Pada SILTANUS Berbasis TI Menggunakan Framework ITIL V3,” J. Inf. Technol. Ampera, vol. 5, no. 1, pp. 2774–2121, 2024, doi: 10.51519/journalita.v5i1.511.

A. Ricardo Hannuella, D. Lim, V. Junior Samudra, D. Firgana, H. Dixman, and D. Sari Melati, “Analisis It Service Management (Itsm) Layanan E-Learning Universitas Internasional Batam Menggunakan Framework Itil V3,” Technol. J. Ilm., vol. 15, no. 3, p. 400, 2024, doi: 10.31602/tji.v15i3.15170.

N. Ramsari and A. Ginanjar, “Implementasi Infrastruktur Server Berbasis Cloud Computing Untuk Web Service Berbasis Teknologi Google Cloud Platform,” Conf. Senat. STT Adisutjipto Yogyakarta, vol. 7, no. August, 2022, doi: 10.28989/senatik.v7i0.472.

Y. Pratama and T. Sutabri, “Service Operation ITIL V3 Pada Analisis dan Evaluasi Layanan Teknologi Informasi,” J. Nuansa Inform., vol. 17, no. 1, pp. 2614–5405, 2023, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

D. Herlinudinkhaji and L. Kurnia Ramadhani, “Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi dengan ITIL V4 untuk Estimasi Layanan,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 452–457, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12058.

G. B. Putri and T. Sutabri, “Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation Pada Perusahaan CV. Cemerlang Komputer Palembang,” Indones. J. Multidiscip. Soc. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 162–167, 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i2.144.

A. N. Salim and T. Sutabri, “Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Marketplace Shopee Menggunakan Framework ITIL V3,” Technol. Inf., vol. 17, no. 1, pp. 2614–5405, 2023, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

Z. B. M. Makpul, “Analisa Penerapan Pelayanan Operasional It Pada Industri Elektronika Dengan Konsep Itil V3,” Comput. Based Inf. Syst. J., vol. 9, no. 2, pp. 10–15, 2021, doi: 10.33884/cbis.v9i2.3983.

B. Albert, C. Tantono, D. Chainatra, M. S. Halim, and N. Dickson, “Manajemen Layanan Teknologi Informasi pada Domain Service Operation di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia,” JDMIS J. Data Min. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 37–42, 2024, doi: 10.54259/jdmis.v2i1.1613.

N. T. Nafisah and T. Sutabri, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Politeknik Negeri Sriwijaya Menggunakan Framework ITIL V3 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Homepage: https://journal Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Lea,” vol. 1, no. 2, pp. 184–189, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.147

I. Mutmainah, I. A. Yulia, F. Marnilin, and A. Z. Mahfudi, “GAP Analysis Untuk Mengetahui Kinerja Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 10, no. 1, pp. 19–34, 2022, doi: 10.37641/jimkes.v10i1.934.

A. Rahmawan, T. N. Ma’rifat, and A. Rahmi, “Studi Pendahuluan?: Evaluasi Produk Ikan Asap Di Kawasan Wisata Pantai Prigi Kabupaten Trenggalek Dengan Metode,” Pros. Semin. Nas. Perikan. dan Kelaut. dalam Rangka Memperingati Hari Ikan Nas. Tahun 2021, p. 6, 2022.

I. B. Suban and A. W. R. Emanuel, “Peran Framework ITIL V3 Mengukur Kualitas Layanan TI (Studi Kasus?: Perpustakaan UAJY),” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 5, no. 2, pp. 59–63, 2020, doi: 10.30591/jpit.v5i2.1844.

R. Elfandiar and T. Sutabri, “Analisis IT Service Management (ITSM) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Menggunakan Framework ITIL V3 (Studi Kasus: Kecamatan Sungai Lilin),” J. Nuansa Inform., vol. 17, pp. 2614–5405, 2023, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

C. I. Safitri, D. Supriyadi, and S. Astiti, “Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework (ITIL) V3,” J. JUPITER, vol. 13, no. 1, pp. 134–144, 2021.

M. K. Anam, A. R. Putra, S. Fadli, M. B. Firdaus, F. Suandi, and Lathifah, “Audit Teknologi Informasi Pada Sistem Perkreditan Online Terpadu Bank Xyz Cabang Perawang Menggunakan Itil V3,” Misi, vol. 3, no. 2, pp. 90–99, 2020, doi: 10.36595/misi.v3i2.127.

Downloads

Published

25-06-2025

How to Cite

Rahmansyah, J., Ardhani, A., Septiana, R., & Ridwan, M. (2025). ANALISA SERVICE OPERATION TERHADAP APLIKASI GOJEK MENGGUNAKAN ITIL V3. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 8(2), 198–215. https://doi.org/10.36595/misi.v8i2.1383